Sejarah Ekonomi Negara San Fransisco Terhadap Pembangunan Golden Gate Bridge

Sejarah Ekonomi Negara San Fransisco Terhadap Pembangunan Golden Gate Bridge

San Fransisco terkenal dengan Golden Gate Bridge nya, jembatan tersebut menjadi sebuah pencapaian teknologi dan artistik yang begitu menakjubkan pada masa pembangunannya. Jembatan Golden Gate menghubungkan San Fransisco dan juga Marin County yang mana proses pembangunannya menghabiskan waktu selama 5 tahun. Konsep pertama jembatan ini adalah untuk menghubungkan sebuah selat yang lebar nya hampir mencapai 1 mil, dan konsep ini pertama kali diusulkan tahun 1872. Akan tetapi opini publik San Fransisco yang mendukung konsep tersebut baru tercapai pada tahun 1920-an awal.

Seorang insinyur bernama Joseph Strauss mengajukan proposal pendahuluan tahun 1921. Proposal yang diajukan berisi mengenai kombinasi penopang suspensi yang dapat dibangun dengan harga sekitar 27 juta USD. Melihat sejarah ekonomi negara San Fransisco, kondisi ekonomi kota sedang tidak baik sehingga dana tersebut terasa sangat mahal, belum lagi bila dibandingkan dengan desain yang dirancang terlihat kurang bagus untuk dipandang. Namun akhirnya Joseph Strauss diangkat sebagai pemimpin untuk proyek pembuatan jembatan di Selat Golden Gate. Beberapa tahun setelah penerimaan proposal pendahuluan, desain awal jembatan mengalami perubahan yang cukup pesat, hal ini disebabkan banyaknya kontribusi yang diberikan oleh konsultan serta arsitek lainnya seperti Leon S. Moisseiff dan Irving F. Morrow.

Konsep yang diajukan oleh Leon S. Moisseiff adalah jembatan gantung, dan konsep tersebut diterima oleh Joseph Strauss. Kemudian Irving F. Morrow dan istrinya yang bernama Gertrude mengembangkan desain Art Deco yang terlihat elegan. Nantinya Irving F. Morrow juga akan membantu dalam membuat warna yang menjadi trademark untuk jembatan itu. Dan warna yang dipilih adalah international orange, yaitu warna ungu terang yang mampu bertahan dari karat dan tahan lama (tidak cepat pudar). Beberapa tahun setelahnya, akhirnya Joseph Strauss terpilih menjadi chief engineer untuk jembatan Golden Gate di tahun 1929.

Pembangunan Golden Gate Bridge

Sejarah Ekonomi Negara San Fransisco Terhadap Pembangunan Golden Gate Bridge

Tepatnya tanggal 5 Januari 1993, konstruksi pembangunan Golden Gate Bridge dimulai. Proses pembangunan dimulai dengan menggali tanah sebagai jangkar struktur yang sangat besar. Setelah sebelumnya berada pada periode Gold Rush di San Fransisco tahun 1849, para spekulen menyadari bahwa tanah-tanah yang ada di utara teluk San Fransisco nilainya akan meningkat karena aksesibilitas ke kota meningkat (dari San Fransisco menuju Marin County). Itu lah yang menjadi salah satu sejarah ekonomi negara San Fransisco yang membuat nilai tanah di San Fransisco terutama di utara teluk meningkat. Seorang mantan mahasiswa teknik bernama James Wilkins yang pada saat itu bekerja sebagai seorang jurnalis di San Fransisco Bulletin mengatakan bahwa jembatan gantung Golden Gate dengan rentang tengah sepanjang 3000 kaki adalah jembatan paling panjang dari yang pernah ada.

Dikatakan pada proposal pendahuluan yang diajukan oleh Joseph Strauss, biaya yang dibutuhkan untuk membangun jembatan tersebut sebesar 27 juta USD, sebelumnya perkiraan dana yang dibutuhkan sebesar 100 juta USD. Salah satu insinyur San Fransisco yang bernama Michael M. O’shaughnessyyang juga menyumbang nama Golden Gate Bridge mengajukan penawaran kepada insinyur jembatan lainnya, apakah mereka bisa membangun Golden Gate dengan biaya yang lebih murah. Dan yang menyanggupi permintaan Michael M. O’shaughnessyadalah Joseph Strauss dengan biaya dikisaran 27 juta USD. Walaupun permasalahan biasa sudah terselesaikan, namun pembangunan jembatan ini masih memiliki banyak tantangan. Kemudian muncul The Great Depression tahun 1929 yang membuat pilihan pendanaan menjadi terbatas. Akhirnya para pejabat meyakinkan untuk mendukung 35 juta USD dengan bentuk hutang berikat. Akan tetapi obligasi tersebut baru bisa dijual tahun 1932 saat Bank of America di San Fransisco setuju untuk membeli proyek pembangunan jembatan tersebut agar dapat membantu ekonomi lokal.

Golden Gate Bridge Dan Sejarah Ekonomi Negara San Fransisco

sejarah ekonomi negara san fransisco

Untuk membiayai pembangunan jembatan Golden Gate Bridge dan Highway District, beberapa kota sepakat untuk mengambil obligasi besar secara kolektif, kemudian dibayar kembali melalui tol jembatan. Kota yang setuju adalah Marin, San Fransisco, Sonoma, Mendocino, Del Norte dan Napa. Kesepakatan tersebut akhirnya dibentuk tahun 1928 dan menjadi sejarah ekonomi negara San Fransisco dalam pembangunan jembatan Golden Gate. Tidak hanya itu saja, para penduduk yang tinggal di sekitar Jembatan Golden Gate menjadikan bisnis, pertanian dan rumah mereka sebagai jaminan untuk mendukung kesepakatan tersebut.

Pembangunan jembatan tersebut tidak berlangsung dengan mulus, ada banyak sekali kesulitan yang datang, mulai dari badai, gelombang pasang yang sangat kuat, kabut dan juga adanya masalah dalam peledakan batu di kedalaman 65 kaki di bawah air yang menewaskan setidaknya 11 orang pekerja. Jembatan Golden Gate pun menjadi simbol kemajuan di sekitar Bay Area selama masa krisis ekonomi (The Great Depression) di Amerika Serikat.