Trem Tidak Bisa Dipisahkan Dari Sejarah Kota San Fransisco

Trem Tidak Bisa Dipisahkan Dari Sejarah Kota San Fransisco

Apakah yang menjadi daya tarik kota San Fransisco? Begitu menariknya kota ini sampai masuk dalam salah satu lagu dari penyanyi terkenal Tony Bennet yang berjudul I Left My Heart in San Francisco. Kenapa bukan New York, California, Boston, Cincinati atau kota lainnya? San Fransisco adalah kota terbesar ke-13 di Amerika Serikat yang memiliki banyak bukti. Namun hampir setiap tahun San Fransisco berada di peringkat satu dalam jumlah wisatawan dalam maupun luar negeri yang berkunjung. Salah satu alasan kota San Fransisco begitu menarik adalah karena adanya trem, salah satu alat transportasi umum tertua yang masih beroperasi. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai sejarah Kota San Fransisco, terutama mengenai sejarah trem nya.

Salah Satu Sejarah Kota San Fransisco: Trem Legendaris

sejarah kota san fransisco

Di San Fransisco tidak hanya ada Jembatan Golden Gate dan juga Penjara Alcatraz, namun juga ada kereta trem. Bahkan bisa dibilang kereta trem di San Fransisco sudah menjadi salah satu ikon dari kota ini dari masa ke masa dan menjadi sejarah kota San Fransisco. Ketika awal munculnya kereta trem tahun 1879, kereta trem berfungsi sebagai angkutan umum.

Orang yang menggagas kereta trem pertama kali sebagai salah satu sarana transportasi di San Fransisco adalah Andrew Smith Hallidie di tahun 1869. Ide yang ia dapatkan berasal dari kecelakaan trem yang masih ditarik oleh kuda. Andrew melihat dengan kepala matanya sendiri bagaimana kecelakaan tersebut terjadi. Empat tahun setelahnya, ide mengenai kereta trem muncul, tepatnya di tanggal 1 september 1873 dan menjadi layanan transportasi trem pertama di San Fransisco, tepatnya di Clay Street Hill Railroad. Selain berperan sebagai penggagas, ia juga menjadi promotor di jalur perdana trem. Walaupun masih terbilang baru, namun dengan kemunculan kereta trem ternyata transportasi ini mendapatkan kesuksesan serta menjadi “blue print” untuk cable car system yang ada di kota ini.

Sejak kesuksesan kereta trem pada jalur Clay Street Hill Railroad, muncul jalur-jalur baru seperti di Sutter Street Railway tahun 1877, Geary Street, California Street Cable Railroad tahun 1878, Park and Ocean Railway tahun 1880, dan terakhir Market Street Cable Railway tahun 1883. Seiring berjalannya waktu, transportasi menjadi lebih modern seperti menjadi seperti sekarang. Walaupun saat ini kereta trem masih beroperasi di San Fransisco, namun fungsinya sudah berubah. Jika dulu kereta trem berfungsi sebagai alat transportasi umum, sekarang berfungsi sebagai alat transportasi untuk mengangkut wisatawan alias membawa wisatawan berkeliling San fransisco alias sebagai kereta wisata.

Keliling San Fransisco Menggunakan Trem

sejarah kota san fransisco

Jika di kota-kota lain wisatawan berkeliling kota menggunakan bis wisata, tidak di San Fransisco karena kota ini menyediakan kereta wisata yaitu kereta trem yang menjadi satu dari sekian banyak sejarah kota San Fransisco. Walaupun kota ini berada di wilayah Silicon Valley atau markas perusahan IT dunia yang memiliki konsep smart city, San Fransisco tetap menjaga sejarahnya dengan menggunakan kereta trem untuk menarik para wisatawan. Kereta trem tidak kalah dengan alat transportasi modern lainnya seperti kereta cepat, bus ataupun cable car.

Ada banyak sekali lokasi wisata yang ada di San Fransisco, misalnya Union Square. Disini anda bisa menggunakan bis tingkat atau Hop-on Hop-off dengan harga sekitar 30 USD untuk tujuan ke jembatan Golden Gate dan keliling kota. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa membeli paket wisata untuk melihat penjara di pulau Alcatraz.

Seperti yang disinggung di atas, kereta trem juga digunakan untuk mengangkut wisatawan yang ingin berkeliling kota San Fransisco. Walaupun jalur rel keretanya sudah sangat tua namun karena dipelihara dengan baik maka jalur rel tersebut masih dapat digunakan hingga sekarang. Transportasi yang dibangun sejak tahun 1800-an ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, tidak hanya karena sejarahnya saja namun juga karena pesonanya. Tak jarang para wisatawan harus mengantri lama hanya untuk naik ke dalam kereta trem dan berkeliling San Fransisco.

Lagu Tony Bennett dengan judul I Left My Heart In San Francisco dapat mewakili bagaimana kecantikan kota bersejarah ini. Kota yang memiliki banyak bukit namun dekat dengan pantai, kota dengan banyak jalan-jalan menanjak tinggi dan kota yang selalu diselimuti kabut termasuk ke dalam kota dengan jumlah wisatawan terbanyak di Amerika Serikat. Ketika anda berkunjung ke Amerika, anda tidak boleh melewatkan San Fransisco. Anda bisa berjalan-jalan sendiri tanpa menggunakan tour guide atau anda bisa menggunakan paket wisata yang biasanya ditawarkan travel agent. Jika anda tidak suka dengan hal-hal yang rumit, pilihan paling tepat adalah menggunakan paket wisata karena anda tidak perlu menyusun jadwal perjalanan dan tempat-tempat apa saja yang harus anda kunjungi.